Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau Program Learning Outcomes (PLO)
Pada Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi mengacu pada KKNI, SN-Dikti, dan kesepakatan asosiasi P3SI.
Tabel 4.2. Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan atau PLO Prodi S1 Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi
Kode | Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
---|---|
Pengetahuan | |
P1 | Mampu menganalisis karakteristik materi (content knowledge), karakteristik peserta didik dan memilih pendekatan, strategi, model, metoda, dan asesmen berdasarkan teori dan prinsip pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan pada pembelajaran sejarah; |
P2 | Mampu menganalisis materi sejarah Indonesia dari berbagai periode; |
P3 | Mampu menganalisis berbagai peristiwa sejarah di berbagai kawasan di dunia; |
P4 | Mampu menganalisis berbagai peristiwa sejarah yang bersifat tematik; |
P5 | Mampu menguasai metodologi penelitian sebagai prosedur riset; pendidikan sejarah, sejarah, dan kajian kearifan lokal; |
P6 | Mampu menguasai strategi pemanfaatan situs dan cagar budaya untuk pengembangan pariwisata dan museum; |
P7 | Mampu menguasai kajian ilmu sosial dan humaniora |
Keterampilan Khusus | |
KK1 | Mampu mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan sejarah dan penelitian |
KK2 | Mampu mengolah, menganalisis, dan menyajikan data dan informasi hasil penelitian dengan menggunakan metode penelitian |
KK3 | Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara holistik dan komprehensif |
KK4 | Mampu mengkaji dan mengaplikasikan penguasaan konsep, materi, dan bahan-bahan kajian kesejarahan |
Keterampilan Umum | |
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
Sikap | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
S2 | Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
S3 | Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |