Tasikmalaya – Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi telah melakukan evaluasi kinerja proses pembelajaran, layanan administrasi, dan sarana prasarana untuk tahun akademik 2022/2023. Evaluasi ini dilakukan secara online melalui laman www.kuesioner.unsil.ac.id, yang melibatkan partisipasi aktif mahasiswa.
Evaluasi Proses Pembelajaran
Evaluasi proses pembelajaran meliputi beberapa aspek penting seperti penyampaian Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di awal perkuliahan, kesesuaian materi dengan RPS, ketersediaan modul atau handout, suasana perkuliahan, ketepatan waktu, tingkat kehadiran dosen, dan alokasi waktu perkuliahan. Berikut adalah rekapitulasi hasil evaluasi proses pembelajaran:
Berdasarkan hasil evaluasi, diperoleh rerata hasil pada semester gasal sebesar 386 (kategori baik) dan semester genap sebesar 372 (kategori baik). Aspek yang mendapatkan nilai terendah adalah “dosen tidak pernah memindahkan jam perkuliahan,” namun tetap dalam kategori baik dengan skor 37.
Evaluasi Layanan Administrasi
Evaluasi layanan administrasi melibatkan enam aspek yaitu keramahan staf administrasi, kesungguhan melayani kebutuhan administrasi, kemudahan mendapatkan informasi akademis, kemudahan bertemu dengan staf administrasi, ketepatan waktu pelayanan, dan kecepatan pelayanan. Rata-rata skor yang diperoleh pada semester ganjil adalah 35 dan pada semester genap 34, keduanya berada dalam kategori puas.
Aspek yang mendapatkan skor terendah pada semester ganjil adalah “kemudahan mendapatkan informasi akademis,” sedangkan pada semester genap adalah “kemudahan bertemu dengan staf administrasi.”
Evaluasi Sarana dan Prasarana
Hasil evaluasi kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana menunjukkan bahwa pada semester gasal, 15.84% mahasiswa menyatakan sangat puas, 20.15% puas, 58.63% cukup puas, 3.25% kurang puas, dan 2.13% tidak puas. Rata-rata skor yang diperoleh adalah 344, masuk dalam kategori baik. Pada semester genap, 8.3% mahasiswa menyatakan sangat puas, 2.8% puas, 5.8% cukup puas, 3.41% kurang puas, dan 2.22% tidak puas.
Analisis Tingkat Kepuasan
Berdasarkan analisis prosentase, pada semester genap dan ganjil, hasil didominasi oleh poin 3 (cukup puas) yaitu sebesar 59.7% pada semester ganjil dan 63.43% pada semester genap. Evaluasi ini menunjukkan bahwa meskipun ada beberapa aspek yang memerlukan perbaikan, secara umum mahasiswa merasa cukup puas dengan proses pembelajaran, layanan administrasi, dan sarana prasarana yang disediakan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah. Melalui evaluasi ini, diharapkan Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan untuk mencapai kepuasan mahasiswa yang lebih baik di masa mendatang.